Rangkaian Elektronika dan Mikrokontroller Dasar

Menyempurnakan Tegangan DC Pada Penyerahan Gelombang Penuh

Pada bahasan lalu kita sudah mengetahui bagaimana fungsi Kapasitor membantu menyempurnakan tegangan DC pada penyerah setengah gelombang.

Pada penyearahan setengah gelombang tugas Kapasitor cukup berat yaitu menyediakan tegangan (dan arus) bagi beban saat saat di mana tidak ada tegangan dari sumber nya (trafo).

Pada penyearah gelombang penuh "celah" tidak adanya tegangan tidak ada, yang ada adalah penurunan tegangan antara puncak puncak tegangan dari trafo.

Untuk mengisi celah turunnya tegangan akibat turun nya tegangan sumber ini capacitor berusaha mengisi "celah" itu, sehingga tugas capacitor lebih ringan daripada penyearahan setengah gelombang.
Singkat nya dengan uF dan R beban yang sama kualitas tegangan DC nya lebih baik. 

Kualitas tegangan DC yang lebih baik di tandai dengan besaran tegangan ripples nya lebih kecil. Pada gambar saya buat perbandingan tinggi tegangan ripple yang lebih kecil pada penyearah gelombang penuh di banding kan penyearah setengah gelombang dengan uF yang sama dan R beban yang sama.

Nyata dari gambar tersebut bahwa penyearah gelombang penuh lebih baik dari penyearah setengah gelombang.

Ini juga berarti bahwa pada penyearah gelombang penuh : Hasil yang sama hanya di butuhkan nilai Kapasitor setengah nya dari pada penyearah setengah gelombang (lebih murah menambah dioda 3 buah, di banding membeli capacitor 2 kali lipat nilai uF nya).

Halaman Berikutnya
« Prev Post
Halaman Sebelumnya
Next Post »

Posting Komentar